Tips Menikmati Fenomena Hari Tanpa Bayangan yang Jangan Dilewatkan

Fenomena Tanpa Bayangan – Fenomena yang terjadi pada hari ini adalah Fenomena Hari Tanpa Bayangan.Ya, pembicaraan ini menjadi salah satu trending topik mulai hari Rabu tanggal 21 Maret 2018. Kejadian ini terdapat di kota Pontianak- Kalimantan Barat terjadi pada siang Hari di tempat itu.

Pada Hari itu, kedudukan matahari berada sangat tepat diatas ekuator atau garis Khatulistiwa. Ketika seseorang berada diluar dan berdiri diatas bumi, maka tidak akan melihat bayangan dalam artian bayangan mereka akan menghilang seketika. Maka istilah ini disebut dengan Fenomena Hari Tanpa Bayangan. Fenomena ini biasanya terjadi selama setahun dua kali. Pada setiap daerah akan berbeda- beda sesuai dengan tempat dan waktunya seperti halnya di Ibu Kota Jakarta Fenomena ini akan terjadi pada setiap tanggal 4 Maret dan 8 Oktober (diambil dari berita harian Kompas.com), Namun ada pula di sebagian daerah seperti daerah Belitung Fenomena Hari Tapa Bayangan ini akan terjadi pada tangga 13 Maret dan 1 Oktober.

Dampak dari adanya Fenomena Tanpa Bayangan adalah akan terjadinya perubahan cuaca yang ada di Indonesia terutama akan mengalami kering dan basah di daerah subtropis.

Fenomena Hari Tanpa Bayangan

Terjadinya fenomena ini, banyak para wisatawan yang berkunjung ke Kota Pontianak. Bagi yang mendatangi bisa menikmatinya dengan teman- teman kamu, bagaimna cara menikmati titik puncak terjadinya Hari Tanpa Bayangan? Yuk kita simak beberapa Aneka Tips dari Update Wisata untuk kamu jadikan moment di tiap tahunnya.

  • Mencari Rute Menuju Tugu Khatulistiwa

Dari tempat keberadaan kamu cari arah yang sangat mudah untk menuju ke tempat Tugu Khatulistiwa yang menurut kamu tidak mudah macet, karena jika kamu terkena macet maka kamu akan ketinggalan untuk melihat penampakan Fenomena Tanpa Bayangan.

  • Berangkat sebelum siang

Alangkah lebih baik anda memilih waktu yang tepat agar tidak kesiangan tertinggal saat terjadinya Fenomena ini. Berangkatlah menuju Tugu Khatulistiwa sebelum Jam 11.50 WIB misalnya berangkat 2 Jam sebelumnya. Selain kamu datangnya lebih awal untuk menyaksikan karena banyak pengunjung lain yang berdatangan untuk melihat dan wartawan lain yang akan membuat Tugu Khatulistiwa ramai.

  • Pakaian yang Cocok

Perlu kamu siapkan pakaian yang cocok untuk menyaksikan Fenomena Tanpa Bayangan seperti Baju yang Nyaman menurut kamu agar keringat mudah meresap dan juga memakai topi agar tidak terkena sengatan matahari langsung yang sangat Panas atau menggunakan Sunblock sebagai pelengkap.

  • Air Minuman dan Makanan Ringan

Agar tidak kehausan menunggu puncak Fenomena ini, alangkah lebih baiknya a=kamu membawa air minum dan makanan ringan sebagai pelengkap. Sambil mencari tempat yang cocok untuk nongkrong bareng teman- teman.

  • Membawa Telur

Bawalah telur ayam untuk kami nikmati sebagai moment dengan teman- teman kamu saat terjadi Fenomena ini. Letakkan telur di tengah terik matahari agar kamu bisa melihat langsung sambil duduk duduk tegaknya telur ayam tanpa adanya bayangan. (dikutip dari travel.detik.com)

Nah itulah Tips Menikmati Fenomena Tanpa Bayangan yang jangan kamu lewatkan, jika kamu tidak sempat untuk melihat fenomena Tanpa Bayangan, jangan khawatir karena Fenomena ini kan terjadi kembali pada tanggal 23 September 2018 mendatang.