Kuliner Jogja Gak Ada Matinya, Ini Dia Buktinya!

UpdateWisata.com – Setiap daerah memiliki makanan khas andalannya, termasuk kota pelajar, Jogakarta. Tidak hanya terkenal dengan gudeg dan beremnya, ternyata salah satu kota yang menjadi tempat tujuan wisata di Indonesia ini masih memiliki banyak hal yang bisa dieksplor terutama dari segi wisata kulinernya.

Nah, jika kamu berkesempatan mengunjungi Jogjakarta, maka tentu saja akan sangat direkomendasikan jika kamu juga mencoba berbagai makanan khasnya yang dijamin tidak akan mengecewakan selera kamu dan keluarga. Ini dia buktinya!

4 Makanan Khas Jogja yang Wajib Dicoba

  1. Sate Klatak Pak Bari

Jika sate di tempat lain menggunakan berbagai bumbu dan rempah agar membuat rasanya menjadi lebih istimewa, lain halnya dengan sate klatak khas Jogja ini. Bumbu yang digunakan untuk sate ternyata hanya sekadar garam, namun sangat terkenal dengan rasanya yang nendang. Usut punya usut, rahasianya ternyata adalah dari kualitas daging kambing yang mantap dan super empuk. Sate klatak yang paling terkenal di Jogja ini adalah sate Klatak Pak Bari yang berlokasi di Jl. Imogiri.

  1. Bakmi Harjo Geno

Selain gudeg, maskan khas paling terkenal dari Jogja tentu saja bakmi. Adapun salah satu warung bakmi khas jogja yang paling terkenal pula adalah warung bakmi Harjo Geno yang masih berada di lokasi Jl. Imogiri, berdekatan dengan Sate Klatak Pak Bari. Yang menjadikan istimewa dari Bakmi Harjo Geno ini adalah pengunaan telur bebek segar untuk setiap mangkuk bakminya serta rebusan ayam kampung betina dan tentu saja bumbu dan rempah resep rahasia khas Harjo Geno.

  1. Entok Slenget Kang Tanir

Yang satu ini berlokasi di daerah Turi, Sleman. Semur entok yang memiliki rasa khas dan menjadi kenikmatan tersendiri bagi penyukanya ditambah rasa pedas alias slenget yang disajikan akan membuat lidah kamu bergoyang dan segar dengan kepedasannya yang wah!

  1. Gudeg Pawon

Nah ini dia yang paling legendaris! Selain dari jenis makanannya, gudeg, yang memang menjadi ciri khas jogja sekali, Gudeg Pawon di Jl. Janturan 36 – 38, Warungboto, ini memang sudah menjadi tempat langganan antri dengan dipenuhi para pelanggannya baik yang berasal dari berbagai daerah di jogjakarta maupun para wisatawan luar daerah hingga wisatawan internasional. Hebatnya, dengan antrian panjang, ternyata gudeg pawon ini baru buka mulai jam 10 malam dan rata-rata ludes di jam 01 dini hari.

Selain rasanya yang mantap dengan kekhasannya, yang menjadikan gudeg pawon ini lebih istimewa tentu saja konsep tempat makannya yang didesain ala pawon alias dapur yang sangat tradisional, namun tentu saja higienis, jadi jangan khawatir.

Jadi, sudah memutuskan mau mencicipi makanan khas Jogja yang mana? Mencoba semuanya pun tidak ada salahnya kok. Selamat jalan-jalan!