Wisata Kuliner Bogor Jawa Barat Yang Enak dan Terpopuler

UPDATEWISATA.COM – Bogor yang di zaman kolonial disebut Buitenzrg menyimpan sejuta romantisme pergulatan kelahiran negara yang kita cintai ini. Presiden pertama Soekarno menjadikan Bogor sebagai kota persinggahan, kota untuk melepas lelah dan juga tempat bekerja. Karena itu, selain kita mengenal Istana Merdeka Jakarta dan Istana Tampak Siring, Bali, Bogor juga memiliki istana yang biasa dipakai Presiden ketujuh Jokowi untuk mengundang tamu-tamu kenegaraannya.

Selain dikenal sebagai kota penting iklim Bogor yang lembab juga menjadikan berbagai jenis flora tumbuh disana, disana pula, sebuah universitas yang meneliti sejumlah besar flora tersebut dikembangkan. Bogor yang hampir pasti hujan tiap hari, menjadikan iklim di daerahnya lembab, hal ini berpengaruh juga terhadap jenis kuliner yang mereka ciptakan.

Nah, apa saja kuliner Bogor yang tidak ada di tempat lain, ikuti terus ya?

  • Asinan Jagung Bakar

Bagaimana bisa ketemu asinan dengan jagung bakar ya? Sama seperti pepatah garam di laut, asam di gunung, ketemu di belanga, demikian asinan jagung bakar ini, berjodohnya di dapur koki. Awalnya kita membakar jagung manis terlebih dulu, kemudian menyiramnya dengan air cabai dan cuka, yang berfungsi sebagai asinannya. Nah, jika anda merasakan akan tercipta rasa manis, asin, pedas dan segar. Makanan ini biasa dijajakan di kaki lima, jangan khawatir kantong jebol karena harganya dibawah sepuluh ribu. Kalau anda perhatikan, sebenarnya ini kreativitas orang Bogor saja untuk menciptakan sensasi makanan yang unik, ini sebenarnya asinan, tetapi buahnya diganti dengan jagung yang telah dibakar

  •  Bapatong

Bapatong singkatan dari bakso kupat gentong, kuliner yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan bakso biasa saja, yang membedakan tentu saja cara penyajiannya.

Hidangan Bapatong Kuliner Khas Bogor Jawa Barat

Bakso daging sapi yang dicampur dengan pangsit, mie bihun, juga iga daging sapi dan ketupat. Hanya saja yang membedakan, khusus ketupat dan iga daging sapinya, dipotong berbentuk dadu, sehingga unik dan belum pernah ada yang melakukannya sebelumnya. Harga satu porsi cukup murah, hanya sekitar 15 ribu saja

  • Es Dower

Sekalipun Bogor terkenal dengan cuacanya yang basah, tak menyurutkan penggemar es untuk mencoba es kombinasi seperti yang satu ini, es dower. Es Dower adalah es kelapa muda dengan santan asli kelapanya dan dikombinasikan dengan sirup, susu, agar-agar dan berbagai irisan buah seperti alpukat dan lain sebagainya. Es Dower memiliki nama lain, es doger.

  • Soto Bogor

Soto menjadi pelengkap kuliner kota Bogor berikutnya, karena makanan yang satu ini nampaknya ada di setiap daerah dengan ciri khas masing-masing. Soto Bogor memakai jerohan sapi, dengan kuah bersantan dan dibumbu kuning dengan tambahan emping. Soto yang satu ini bisa disantap dengan nasi atau lontong.