Yuk Cicipi Nasi Jamblang Mang Dul Cirebon yang Bikin Kangen Rasanya

UPDATEWISATA.COM – Kalau sudah membicarakan tentang santapan khas dari satu daerah, rasanya belum afdol kalau belum mencicipi santapan tersebut saat berkunjung ke daerahnya. Contohnya saja Cirebon, kuliner yang paling banyak dibincangkan oleh para wisatawan adalah Tahu Gejrot. Bagaimana tidak? Selain namanya yang memang unik, Tahu Gejrot ini juga memiliki rasa yang enak sekali. Ulekan bawang dan cabai rawit mentah, bersama potongan tahu dan disiram kuah gula asam membuat Tahu Gejrot jadi santapan yang segar. Enak sekali disantap siang-siang.

Selain Tahu Gejrot yang legendaris, ada juga kuliner lainnya yang terkenal dari kota ini, yakni Nasi Jamblang Mang Dul Cirebon yang sudah terkenal ke seantero Indonesia. Pokoknya siapapun yang berkunjung ke Cirebon, pasti akan ditawari makan-makan di tempat yang satu ini. Penasaran seperti apa rasanya? Simak reviewnya berikut ini.

Lokasi Nasi Jamblang Mang Dul Cirebon

Apa yang Istimewa Dari Nasi Jamblang Mang Dul Cirebon?

Setiap makanan khas pasti memiliki sesuatu yang istimewa di dalamnya, baik itu racikan bumbu rahasia yang bikin makanannya jadi lebih lezat, cara penyajian makanannya yang unik dan berbeda, atau bahkan penampilan kedai tempat makanan tersebut disajikan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan membuat mereka kembali lagi ke tempat itu di lain masa.

Sementara itu, keistimewaan Nasi Jamblang Mang Dul merupakan kuliner Khas Cirebon ini salah satunya terletak pada nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun Jamblang alias daun Jati, sehingga aroma nasinya menjadi sangat khas dan aromanya wangi sekali. Porsinya yang terhitung kecil membuat pengunjung biasa mengambil dua atau tiga bungkus nasi dalam sekali makan. Wajar, sebab dengan adanya aroma daun jati dari nasi yang disantap membuat selera makan menjadi jauh lebih lahap.

Lokasi Nasi Jamblang Mang Dul Cirebon

Berlokasi di jalan Dr. Cipto mangunkusumo nomor 4, atau di depan Grage Mall Cirebon, tempat makan yang sederhana tampilannya ini tak pernah sepi dari para pengunjung. Bukan cuma penuh sesak oleh pengunjung yang menikmati santapannya, namun juga oleh para pengunjung yang sedang mengantri menunggu tiba saatnya mereka mengambil makanan.

Jadi cara makan disini adalah dengan sistem prasmanan, pengunjung mengantri untuk mengambil lauk apa saja yang akan mereka santap bersama nasi Jamblang, ayam goreng, ikan, semur daging dan berbagai jenis lauk pauk siap dicicipi. Setelah mengambil makanan, lalu kita bisa duduk di tempat yang sudah disediakan dan ada pelayan yang akan menghitung total makanan kita sambil memberikan segelas teh panas.

Setelah makannya selesai, kita bisa membayar di kasir sambil pulang. Itulah istimewanya Nasi Jamblang Mang Dul Cirebon, tampilan sederhana tetapi dengan rasa santapan yang luar biasa akhirnya membuat masyarakat makin jatuh cinta.