Daftar Kuliner Bandung Menggoda Selera

UpdateWIsata.com – Daftar Kuliner Bandung Menggoda Selera, Mengunjungi kota Bandung tak elok rasanya kalau tak mencicipi kulinernya. Selain dikenal sebagai surganya oleh-oleh dan surganya pariwisata, satu lagi maskot kota bandung, yakni surganya kuliner. Bahkan konon, selain Padang yang masakannya menjajah seluruh pelosok nusantara, kuliner Bandung juga terdapat di kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Jika anda jalan-jalan ke kota Bandung, entah ke Dago, ke Pasteur, atau yang sampai mengarah ke Ujung Berung (jalan yang menghubungkan ke luar provinsi Bandung seperti Ciamis, Tasikmalaya hingga ke Garut) seluruh jalan itu dipadati dengan berbagai macam kuliner seperti Bubur Ayam, Batagor, Siomay, Seblak dan lain sebagainya. Bahkan di seluruh jalan-jalan itu, hampir seluruhnya dipadati dengan kuliner tadi.

Namun diantara makanan pasaran tadi tentu ada makanan spesial yang menandai Bandung sebagai surganya kuliner. Dalam setiap kuliner Bandung tersebut, makanan khas yang mereka miliki tidak melulu berasal dari daerah mereka sendiri, tetapi ada kalanya berasal dari daerah lain yang dikombinasikan dengan makanan kita sendiri.

1. Surabi Bandung

Hidangan Surabi Khas Bandung (sumber: flickr.com)

Atau yang di jawa kita namakan Serabi, adalah sejenis pancake dari santan dan tepung yang dimasak di atas tungku. Jika di Surakarta ada  Serabi Notosuman, maka di Bandung Serabinya cenderung lebih tebal dan dikombinasikan dengan toping seperti nangka, durian, coklat, keju, pisang dan lain sebagainya. Oh ya, satu tambahan lagi jika Serabi biasanya dimakan begitu saja, Surabi Bandung dicocol pakai saos yang berasal dari gula merah. Makanana ini lebih seru jika dimakan di malam hari beserta teman- teman atau keluarga anda.

2. Mie Kocok

Mie Kocok Bandung

 

Jika di Jawa Tengah seperti, Semarang, Ungaran, Purwodadi kita mengenal mie kopyok, maka di Bandung ada mie kocok. Kocok atau kopyok sebenarnya hanyalah metode memasak dengan cara menggoyang-goyangkan di atas dandang, sehingga mie terasa lebih segar. Jika mie kopyok, mie basah kuning, mie kocok agak sedikit pipih mirip kwe tiau, dengan bumbu kaldu sapi dan daging sapi asli tentu lebih menggoda selera daripada mie kopyok dengan bumbu sederhana dari air bawang.

3. Kue Bandros

Kue Bandros Khas Bandung

Bandros adalah makanan berasal dari tepung terigu dan kelapa yang dimasak dalam loyang khusus, di Jawa Tengah kita menyebutnya gandos, makanan kaki lima yang harganya sangat murah. Namun di Bandung orangnya kreatif-kreatif, dibuatlah penyajian dengan lebih menarik, diberi toping, ditambahi gula merah dan lain sebagainya sehingga harganya bisa lebih pantas. Oh iya, salah satu bus kota di Bandung dinamai Bandros, mungkin karena terinspirasi dengan makanan ini.

4. Peuyeum

Pameran Peuyeum Bandung Asli

Adalah sejenis tape yang lebih kering, dan belum begitu matang karena masih dalam proses peragian, ketika peuyeum ini dibuat oleh-oleh, 1atau 2 hari berikutnya barulah bisa matang dan langsung sempurna. Di luar bandung, tape juga banyak, dengan bungkus daun pisang dan dihargai murah, tetapi di Bandung bisa menjadi oleh-oleh khas, semua ini karena penyajiannya yang menarik.