Jangan Lewatkan Semarang Soal Makanan Enak!

UpdateWisata.com – Ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini ternyata tidak mau ketinggalan oleh tetangganya, Jogjakarta, soal kuliner enak dengan mengandalkan makanan khas. Buktinya berbagai makanan khas berikut dengan warung makannya ternyata berskala nasional dan internasional juga. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang berkunjung ke Semarang, tidak hendak meninggalkan makanan khas Semarang berikut ini. Yuk kita cek!

5 Makanan Khas Lezat Khas Kota Semarang

1. Tahu Gimbal

Makanan kering khas semarang Tahu Gimbal

Ulala, jika jalan-jalan ke Semarang tentu saja jangan lewatkan tahu gimbalnya. Kuliner khas yang berbahan tahu dengan sajian unik bernuansa gimbal dengan bahan udang dan tepung ini memang akan sangat terasa lezat di lidah. Belum lagi tambahan tempe dan irisan kol yang disiram sambal kacang mantap pasti bikin ngiler. So, kalau jalan-jalan ke Semarang, dahulukan tahu gimbal!

2. Tahu Pong

Tahu Pong Campur Petis Udang Khas Semarang (sumber: flickr.com)

Setelah tahu gimbal yang unik dan padat bahkan sampai gimbal, tahu yang satu ini justru sebaliknya. Tahu pong malahan tidak ada isinya alias kosong, yang oleh orang Semarang disebutnya kopong. Namun tentu tidak hanya sekadar kopong, tahu pong ini digoreng garing lezat yang disajikan dengan petis udang encer sebagai cocolan serta acar dan ulekan kasar cabe hijau yang dijamin akan membuat ketagihan.

3. Lumpia

Lumpia Semarang Campur Cabe (sumber: flickr.com)

Semarang adalah kota lumpia, tentu saja. Oleh karena itu, sangat wajib mencicipi lumpia jika berkunjung ke semarang. Lumpia di Semarang ini terkenal dengan kelezatannya yang khas serta perpaduan antara tradisional dan tionghoa. Lumpia semarang ini akan sangat lezat bila disajikan dengan cabai dan acar asam. The best pokoknya!

4. Wingko Babat

Wingko Babat Khas Semarang

Satu lagi yang melegendaris selain lumpia di Semarang tentu saja wingko babat. Makanan khas yang berbahan dasar beras ketan dan kelapa yang diulen dan dibakar ini gurih luar biasa! Selain itu, semakin modernnya zaman, wingko babat juga dinamis mengikuti perkembangannya dengan menyajikannya menjadi berbagai rasa dewasa ini. Di antaranya ada wingko babat rasa cokelat, nangka, durian, dan kelapa muda.

Namun meskipun modern, wingko babat ini tetap menyuguhkan sisi tradisional yang sehat dengan tidak menggunakan pengawet pada setiap pembuatannya. So, lezat dan aman!

5. Pisang Plenet

Pisang Plenet Khas Semarang

Mungkin sebagian besar yang berkunjung ke Semarang tidak mencicipi atau bahkan mengenal makanan khas satu ini karena sudah langkanya pisang plenet. Namun terlepas dari penjualnya yang kini tinggal beberapa saja, pisang klenet ini merupakan  salah satu makanan khas Semarang yang lezat. Berbahan dasar pisang kepok yang lezat, pisang yang dibakar di atas arang kemudian ditekan hingga pipih ini sangat lezat dengan bebragai varasi rasa seperti keju, cokelat dan nanas. Kapan-kapan kalau ke Semarang, sengaja carilah pisang plenet yang legendaris ini. Mari kita lestarikan dan promosikan makanan khas Indonesia!