Rekomendasi Kuliner Khas Bogor yang Bikin Lidah Bergoyang

UPDATEWISATA.com – Bogor tak hanya terkenal sebagai kota hujan saja, akan tetapi juga terkenal sebagai kota talas. Bagaimana tidak? Setiap orang yang pulang dari kunjungannya ke Bogor, pasti membawa serta talas Bogor yang besar-besar sebagai buah tangan. Kemudian belakangan ini, talas bukan cuma dikukus atau dijadikan keripik, namun berkat inovasi wirausahawan muda di Kota Hujan ini, talas menjadi bahan baku bolu talas yang sekarang menjadi salah satu kuliner unik terkenal dari kota hujan ini.

Jajanan Ciri Khas Lapis Bogor

Selain bolu talas, ada juga kuliner khas Bogor lainnya yang sayang sekali untuk dilewatkan kalau jalan-jalan ke Bogor. Ibarat kata, wisata kita ke kota hujan ini tak akan afdol sebelum mencicipi aneka kuliner nikmat yang cuma bisa kita temukan di Bogor. Apa saja kuliner yang rasanya dijamin menggigit dan bikin nagih? Mari simak daftar makanan enak Bogor berikut ini.

Kuliner Khas Bogor yang Enak Buat Sarapan

Untuk yang ingin mencicipi sarapan enak yang khas Bogor, boleh mencoba Laksa Bogor. Laksa itu sendiri memiliki makna banyak, dalam bahasa Sansekerta. Jadi kurang lebih, Laksa itu adalah makanan yang dibuat dengan menggunakan banyak bumbu. Yang unik dari Laksa Bogor ini adalah adanya campuran oncom yang aromanya khas, selain itu juga tak pakai mie, melainkan memilih lontong atau ketupat serta bihun sebagai campurannya dengan warna yang khas kekuning- kuningan. Selain itu, Laksa Bogor ini menggunakan tauge dan daun kemangi yang masih fresh, berpadu dengan kuah santan kental membuat Laksa Bogor jadi makin gurih.

Laksa Ciri Khas Bogor yang Bikin Ngiler

Kemudian, untuk toppingnya yakni tahu kuning, sebutir telur rebus dan juga serundeng kelapa membuat santapan ini semakin menggoda selera. Jika ingin mencicipi kuliner khas Bogor yang cocok untuk dijadikan sarapan ini, sebaiknya datang ke gang Aut, jalan Suryakencana.

Kuliner Khas Bogor Untuk Cemilan

Selain makan makanan yang berat, saat jalan-jalan enaknya kita juga mencicipi aneka jajanan pasar yang khas dari Kota Bogor ini. Salah satunya adalah Cungkring, mendengar namanya memang identik dengan postur tubuh manusia yang tinggi dan kurus, akan tetapi justru Cungkring itu adalah bahasa Bogor untuk kikil sapi. Sehingga sudah bisa ditebak jika Cungkring ini santapan kaki lima yang terbuat dari kulit sapi yang dipotong dadu, lalu dimasak bersama kepala sapi dengan bumbu kuning.

Cungkring Sapi Kuliner Bogor (sumber: kompas.com)

Kikil kemudian dijadikan sate dan disiram dengan bumbu kacang kental yang rasanya gurih manis, biasanya Cungkring ini disantap dengan nasi ketan campur kelapa, selain itu Cungkring juga enak disantap dengan tempe atau oncom tepung. Disajikan dengan pincukan daun pisang yang wangi, kuliner khas Bogor ini bisa ditemukan di gang Aut, jalan Suryakencana. Kota Bogor.