Mitos Pesugihan Gunung Kawi Malang Jawa Timur

UPDATE WISATAMitos pesugihan Gunung Kawi sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya. Gunung Kawi sangat kental dengan cerita mistis sebagai tempat pesugihan (mencari kekayaan). Konon, siapa yang melaksanakan ritual semedi dengan kepasrahan tinggi maka segala keinginannya akan terkabul, utamanya kekayaan.

Lokasi wisata ziarah dan mitos pesugihan Gunung Kawi

Gunung Kawi terletak di Desa Wonosari Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jalan menuju lokasi wisata ziarah ini sangat mudah di temukan baik dari arah Blitar maupun dari Malang karena beberapa petunjuk jalan terlihat cukup jelas. Dibutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Malang – Blitar menuju Gunung Kawi.

Pura Gunung Kawi (Sumber: flickr.com)

Wisata Ziarah Gunung Kawi

Selain sebagai tempat mencari kekayaan dengan mitosnya yang sangat kental, Gunung kawi juga dikenal sebagai tempat ziarah yang tak pernah sepi pengunjung, terutama pada malam satu suro dan malam jumat legi. Dua buah makan yang ada di lokasi wisata ziarah ini yakni  makam Mbah Djoego dan makam Raden Mas Iman Soedjono menjadi buruan para peziarah.

Siapakah mereka berdua itu? Mbah Djoego merupakan nama lain dari Raden Mas Soeryo Koesoemo. Dari silsilah keturunannya, Mbah Djoego merupakan buyut dari Paku Buwono 1, Raja Keraton Yogyakarta. Beliau merupakan ulama besar yang mengembara dari Yogyakarta sampai akhirnya menetap di Desa Kesamben. Beliau adalah sosok gemar menolong dan pintar berbagai ilmu keagamaan sehingga disegani oleh masyarakat di daerah Kesamben. Adapun Raden Mas Iman Soedjono merupakan muris kesayangan dari Mbah Djoego. Lalu beliau membuka hutan di Gunung kawi dan mendirikan padepokan.

Ritual di Gunung Kawi

Tak sedikit pengunjung yang datang ke Gunung Kawi ini untuk melakukan ritual pesugihan. Namun untuk mendapatkan kekayaan yang melimpah dengan melakukan pemujaan di Gunung Kawi ini harus di bayar mahal yakni memberikan tumbal nyawa. Demikian cerita yang berkembang di antara para warga dan peziarah.

Wisata ziarah dan mitos pesugihan Gunung Kawi memiliki beberapa tempat yang di anggap keramat, diantaranya :

  1. Pohon Dewandaru

Pohon Dewandaru (sumber: flickr.com)

Menurut kepercayaan warga sekitar, Pohon Dewandaru diangaap sebagai pohon keberuntungan. Konon untuk mendapatkan kekayaan maka harus bersemedi di bawah pohon sampai mendapatkan daun atau buah yang jatuh. Banyak juga peziarah dan pengalap berkah yang meluangkan waktu untuk duduk dibawah pohon tersebut, berharap kejatuhan dauh atau buahnya.

  1. Padepokan Raden Mas Iman Soedjono

Di padepokan ini ada benda peninggalan miliki Mbah Djoego yang dikeramatkan antara lain bantal guling dari batang pohon kelapa dan sebuah tombak pusaka.

  1. Dua Buah Guci Kuno

Ini merupakan guci peninggalan Mbah Djoego yang dulun dipakai untuk menyimpan air untuk pengobatan. Sekarang masyarakat menyebutnya air janjam, dan mereka percaya kalau meminum air dari guci tersebut bisa membuat awet muda.

Bagaiaman apakah kamu percaya dengan mitos-mitos seputar Gunung Kawi. Penasaran ingin tahu lebih dekat? Kunjungi keberadaan Gunung Kawi Malang Jawa Timur sebagai wisata ziarah!