Sejarah dan Mitos Wisata Air Terjun Sedudo di Nganjuk Jatim

UPDATEWISATA – Sampai saat ini, masih banyak memang mitos wisata air terjun Sedudo yang beredar dikalangan masyarakat Jawa Timur. Air terjun yang terletak di Nganjuk, Jawa Timur ini memang memiliki cerita sejarahnya. Untuk mereka yang berdomisili di Jawa Timur mungkin sudah banyak yang tahu. Lain halnya dengan anda yang berasal dari luar Jatim, yang masih penasaran dengan sejarah dan mitos-mitos yang berkembang.

Air Terjun Sedudo Nganjuk Jatim (sumber: flickr.com)

Seputar Sejarah dan Mitos Wisata Air Terjun Sedudo

Air terjun Sedudo memiliki tinggi 105 meter dengan alas berupa bebatuan yang masih asli. Ia terletak di kaki gunung Wilis, Nganjuk Jawa Timur. Untuk mitosnya sendiri, sampai saat ini masyarakat sekitarnya masih begitu mempercayainya sehingga seringkali pengunjung diingatkan mengenai bagaimana harus menjaga perilaku selama berwisata ke air terjun mistis ini. Berikut beberapa mitos mengenai air terjun Sedudo.

Mitos Negatif

Konon, air terjun ini memiliki semacam mitos negatif. Bagi para pengunjung yang melanggar aturan atau pantangan, maka msyarakat percaya bahwa akan terjadi kesialan yang menimpa orang tersebut. Kesialan bisa berupa kecelakaan atau tertimpa musibah yang bisa terjadi ketika seseorang yang melanggar tersebut masih ada disekitar air terjun maupun selang beberapa hari setelahnya.

Beberapa pantangan di air terjun Sedudo meliputi: harus berperilaku sopan, tidak berbuat asusila, tidak mengomentari hal-hal yang dianggap tidak wajar, tidak membawa pulang apapun dari air terjun termasuk peralatan mandi yang dibawa sendiri dari rumah yang telah dipakai di air terjun ini seperti sabun dan shampo.

Mitos Positif

Mitos wisata air terjun Sedudo selain ada yang negatif juga ada yang positif. Kabarnya, barangsiapa yang mandi di air terjun ini, maka akan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan seperti beberapa penyakit bisa sembuh, serta membuat wajah terlihat awet muda. Beberapa pengunjung yang berendam bahkan percaya bahwa segarnya air terjun Sedudo memang memberikan efek positif pada tubuh yang membuatnya terasa lebih fit dan bersemangat. Tidak heran bahwa mulai dari anak muda sampai ibu-ibu senang mandi dan berendam di air terjun ini karena percaya akan khasiatnya.

Informasi mengenai mitos-mitos yang ada di air terjun Sedudo bahkan tertulis dipapan informasi yang terletak di ruas jalan setapak menuju lokasi air terjun Sedudo. Selain adanya mitos-mitos, di air terjun mistis ini juga biasa diadakan ritual ‘Mandi Sedudo’ setiap tanggal 1 suro. Hal ini menjadi ikon pariwisata dan event yang dapat menarik pengunjung. Dengan adanya ritual ini, masyarakat lokal percaya bahwa akan ada manfaat positif yang didapat bagi siapapun yang ikut mandi di air terjun Sedudo. Itulah informasi singkat seputar sejarah serta mitos wisata air terjun Sedudo yang terkenal dan berlokasi di Nganjuk, Jawa Timur.