Mengenal Museum dan Benda Sejarah Fatahillah Jakarta

UpdateWisata.com – Museum Fatahillah Jakarta merupakan bangunan tua klasik nan megah terletak di jalan taman Fatahilah Jakarta Barat. Mengenal museum Fatahilah Jakarta dan ribuan benda koleksinya bisa menambah wawasan karena museum ini merupakan museum terbesar di Jakarta saat ini dengan area lahan seluas 13.388 meter persegi. Museum ini menyimpan jejak sejarah Kota Jakarta jaman dulu mulai masa pra sejarah hingga merdeka dan masyarakat menyebutnya museum Fatahillah.

foto museum fatahillah jakarta

Sekelumit Sejarah Museum Fatahillah

Mengenal museum Fatahillah Jakarta dan ribuan benda koleksinya tak akan lepas dari cerita sejarahnya. Museum Fatahillah didirikan pada tahun 1707 pada masa pemerintahan gubernur jendral Joanvan Hoon. Pada awalnya gedung tersebut digunakan sebagai Gedung Balaikota. Seiring berjalannya waktu, gedung yang berlokasi di area Kota Tua Batavia ini beralih fungsi menjadi Museum Sejarah Jakarta tepatnya pada tanggal 30 Maret 1974.

Jalan-jalan Mengenal Museum Fatahillah Dan Ribuan Benda Koleksinya

Mengenal museum Fatahillah dan ribuan benda koleksinya yang sangat menarik dengan gaya arsitektur bangunan neo klasik pada abad 17-an dan pada bagian atap gedung memiliki petunjuk arah mata angin. Di depan gedung Anda dapat menyaksikan sebuah kolam dengan pekarangan. Museum fatahillah ini terhitung memiliki 25.000 koleksi benda  dari zaman prasejarah sapai saat ini. Benda-benda koleksi tersebut diantaranya peninggalan masa raja Tarumanegara yaitu mengisahkan perjalanan sejarah Jakarta. Meriam Si Jagur, mebel antik yang memiliki khas perpaduan gaya Eropa Indonesia dan China. Selain itu beraneka ragam benda-benda koleksi kebudayaan Betawi.

Foto Meriam Si Jagur Mesium Fatahillah Jakarta (sumber: flickr.com)

Jalan-jalan mengenal museum Fatahillah dan ribuan benda koleksinya bisa menjadi alternatif liburan Anda. Di sana, mulai dari pintu masuk arah kanan ada sebuah patung yang mendeskripsikan hukuman gantung akan menyambut Anda. Tak jauh dari patung itu terdapat ruangan yang menyimpan foto-foto Kota Jakarta  dari berbagai periode atau masa. Lanjut ke ruang berikutnya terdapat prasasti-prasasti dengan ukuran lumayan besar seperti Prasasti Ciaruteun, Prasasti Tugu dan Prasasti Kebun Kopi.

Perjalanan berikutnya, Anda akan temui sebuah ruangan yang menyimpan replika dari kapal Portugis yang dulu pernah singggah ke Jakarta. Senjata-senjata tradisional seperi rencong, celurit, trisula dan mandau. Setelah puas melihat ribuan benda koleksi museum Jakarta di lantai satu, cobalah ke taman belakang museum. Disana Anda akan temukan sebuah meriam yang bernama Meriam Sijagur. Meriam ini dijadikan simbol kesuburan yang berlokasi di bawah tanah yang dulunya digunakan sebagai penjara.

Fasilitas lain di museum fatahillah adalah perpustakaan komplit dengan koleksi 1.200 buku. Sebagian buku tersebut merupakan peninggalan tentara  kolonial Belanda. Dan jika Anda mencari kuliner ada sebuah kafe yang bergaya Jakarta Tempo Doeloe. Selain itu ada juga Mushola, ruang pertemuan dan taman.

Demikina artikel singkat mengenal museum fatahillah dan ribuan benda koleksinya, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menjadi referensi kunjungan museum favorit Anda.