Wisata Gunung Kelud Setelah Meletus Masih Tetap Dikunjungi, Inilah Penampakannya!

UpdateWisata.com – Gunung merupakan salah satu tempat yang cocok untuk menjernihkan fikiran karena suasana dan kondisinya yang sangat sejuk dan jauh dari keramaian dan suara bising sehingga tidak jarang orang mendaki gunung sebagai pilihan untuk menghabiskan waktu liburannya setelah melaksanakan rutinitas yang menguras fikiran.

Suasana Gunung Kelud Sebelum Meletus Tahun 2014 (sumber foto: flickr.com)

Indonesia adalah negara yang subur kaya akan tumbuhan sehingga kebanyakan wilayah pegunungan, seperti halnya Gunung Kelud. Gunung kelud sebagai tempat wisata yang berada di Kabupaten Kediri yang mempunyai ciri khas tersendiri yaitu memiliki lava bagaikan Kubah yang melingkar. Di atas Gunung Kelud terdapat puncak yang dinamakan dengan Puncak Gajahmungkur yang bentuknya menyerupai Gajah yang sedang merunduk.

Disepanjang perjalanan setelah memasuki pintu gerbang Gunung Kelud sudah dibuatkan jalan yang terbuat dari aspal dan beton semen yang kokoh agar mempermdah para pengunjung sehingga bisa lebih menikmati pemandangan dengan membawa kendaraan baik motor atau mobil. Namun sebelum memasuki puncak antara 1 KM kendaraan harus diparkir di tempat yang sudah disediakan oleh petugas pengurus Wisata Gunung Kelud.

Keadaan Gunung Kelud yang pada saat ini berbeda dengan Gunung Kelud sebelum terjadinya letusan yang terkhir kalinya di tahun 2014 ada banyak perubahan yang terlihat karena letusan pada tahun 2014 ini merupakan letusan terdahsyat dari pada letusan sebelumnya yang terjadi pada tahun 1990. Kabarnya terjadinya letusan Gunung Kelud berlangsung 2 hari dengan kondisi abu vulkanik dan batu- batu kecil yang terus menghujani kabupaten sampai kota Kediri sehingga peristiwa letusan ini memakan 4 jiwa yang korban meninggal.(Taufik S. 12/14).

Pemkot Kediri mulai bergegas untuk memberikan bantuan pembersihan setelah peristiwa tersebut. Situasi penampakan Kota dan Kabupaten Kediri dua hari setelah itu seperti abu yang tidak memiliki warna dan ke indahan. Dalam waktu itu pemkot Kediri meluncurkan air untuk segera menyemprot dan mengadakan penghijauan kembali sampai hasilnya kota kediri bisa kembali lebih baik lagi dan sejuk terutama Wisata Gunung Kelud menjadi bersih kembali dan siap di kunjungi para wisata.

Pengunjung yang sedang selfie di puncak Gunung Kelud (Kamera Asus Zenfone)

Harga Tiket Masuk Gunung Kelud Kediri

Biaya tiket memasuki Wisata Gunung Kelud bisa diperoleh dengan harga yang murah dan terjangkau untuk semua kalangan, tiket masuk tersebut berlaku untuk usia 10 tahun keatas. Jika dari anda membawa anak dibawah usia 10 tahun maka tidak termasuk dan biasanya tidak terhitung alias gratis.

  • Tiket Masuk Gerbang Rp. 10.000 /org (hari biasa), dan Rp. 15.000 /org (hari libur dan tanggal merah).
  • Biaya Parkir Kendaraan Rp. 2000 (motor), dan Rp. 10.000 (mobil).

Rute Menuju Wisata Gunung Kelud

Banyak rute untuk menuju gunung kelud sesuai dengan arah keberadaan kota anda. Titik arah tersebut adalah Blitar, Kediri dan Jombang. Karena keberadaan Gunung Kelud berada diantara Kabupaten Kediri dan Blitar.

Jika anda beada di daerah kediri dan jombang tinggal menuju jalan menuju Pare setelah itu akan nampak jalan yang menuju ke Gunung Kelud sangat mudah sekali karena banyak papan nama lalu lintas yang memberikan rute untuk menuju ke Gunung kelud. Jika anda kebetulan berada di Daerah Blitar anda bisa terus menuju arah gunung kelud karena penampakan Gunung Kelud di Blitar sangat jelas dan mudah diakses oleh semua pengunjung.