Tips Perjalanan Liburan Si Kecil/ Balita Agar Lebih Menyenangkan

Update Wisata – Bepergian dalam perjalanan adalah salah satu yang harus diperhatikan ketika kedatangan hari libur yang panjang baik itu liburan sekolah, liburan hari Natal, tahun baru dan liburan hari lebaran. Biasanya pada moment ini semua orang memilih kegiatan untuk menghabisakan librannya baik mengunjungi keluarga, teman lama, serta berlibur ke berbagai tempat wisata yang menyediakan berbagai macam fasilitas untuk mengisi hari liburan yang menyenangkan.

Si kecil sedang nyaman di kursi khusus Bayi (sumber foto:  pixabay.com)

Pada saat kondisi seperti ini semua orang sering kali melupakan akan sesuatu yang biasa terjadi ketika diperjalanan, apalagi perjalanan yang dituju cukup jauh sehingga harus menerima kemacetan yang menimbulkan ketidaknyamanan saat perjalanan. Apalagi ketika seorang bunda yang membawa bayi kecil akan merasa repot dengan kondisi seperti ini, karena dede bayi kecil tidak merasa betah dan akan rewel. Untuk mengatasi hal seperti itu maka ada baiknya bunda harus mempersiapkan semuanya sebelm pemberangkatan menuju mudik atau perjalanan berlangsung agar dede bayi bisa merasa nyaman dan tidak rewel dan bunda pun tidak merasa kerepotan ketika perjalanan mudik liburan berlangsung.

Baca juga: Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Yang mesti bunda perhatikan, ada baiknya mengetahui kondsi dan keadaan dede bayi muali dari umur dan kondisi fisiknya. Sebaiknya janganlah membawa si kecil untuk perjalanan jika masih berusia kurang 3 Bulan, karena kondisi dan fisik si kecil belum bisa stabil. Alangkah lebih baiknya bunda membawa dede bayi setelah berusia lebih dari tiga bulan karena dengan usia tersebut kondisi dede bayi sudah bisa stabil untuk menerima kondisi ketika dalam perjalanan dan bunda pun pun akan merasa lebih tenang.

Dibawah ini merupakan Tips yang bunda perhatikan agar si kecil merasa betah dan tidak rewel ketika diperjalanan.

Pilihlah Jam Keberangkatan Pagi Hari atau Malam Hari

Di pagi hari setelah shubuh agar udara masih sejuk mehinga bayi akan mersa tenang dan nyaman denagn suasana tersebut. Waktu pemberangkatan malam hari karena si kecil bisa tidur pulas selama perjalanan dan tidak merasakan kelelahan dalam perjalanan. Hindari perjalanan siang hari agar bayi tidak lelah dan berkeringat karena jangkauan panas matahari sekitar pukul 11.00 sampai 15.00 WIB.

Sediakanlah Tempat Duduk atau Juk Khusus Bayi

Tersedianya tempat duduk khusu bayi ketika berada diperjalan sangat membantu kenyamanan bayi. Posisikan tempat duduk bayi dibelakang dan jangan memposisikan jok bayi didepan karena akan sedikit mengganggu jika terkena sorotan cahaya dari depan.

Luangkan Istirahat Selama Perjalanan

Dalam perjalanan diperlukan istirahat sekitar 15 sampai 30 menit setelah 2 jam sekali jika perjalanan anda lebih dari 4 jam, ini berfungsi untuk meringankan otot dan bisa menggantikan udara lebih segar untuk si bayi, jangan lupa memberikan mainan kesukaan si bayi agar merasa senang.

Perhatikan Nurtrisi dan Gizi Bayi

Asupan bayi harus tetap terjaga seperti biasanya, walaupun sedang dalam perjalanan Nurtrisi dan Gizi Bayi sangatlah penting untuk diperhatikan.

Berikut itulah tips yang harus bunda lakukan dan dipersiapkan jauh- jauh hari sebelum keberangkatan traveling dengan membawa si kecil. Semoga bisa bermanfaat dan lebih menyenangkan liburannya.