Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Mudik yang Sering Dilupakan

UpdateWisata.com – Moment pada saat semua orang melakukan perjalanan adalah diwaktu lebaran, biasa kita menyeubutnya dengan mudik atau pulang ke kampung halaman. Mudik seringkali kita menyebutnya kepada orang yang sedang merantau dari satu tempat ke tempat lain atau dari suatu desa ke kota dengan tujuan untuk mengadu nasib dan mencari nafkah yang kemudian pada waktu lebaran pulang ke temat halaman untuk menemui keluarga dan berkumpul di Hari Lebaran.

Reaksi Sticker Sedang Mabuk Perjalanan (sumber gambar : pixabay.com)

Ketika pelaksanaan mudik pastinya membutuhkan media trasnportasi seperti Mobil, Sepeda Motor, Kereta, Kapal Laut dan Pesawat. Semua itu membutuhkan waktu dalam perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan masing- masing, dengan waktu yang lama itu sesorang bisa mengalami masuk angin akibat jauhnya perjalanan yang ditempuh sehingga menyebabkan mabuk dalam perjalanan. Untuk mengantisipasi terjadinya mabuk dalam perjalanan ketika mudik anda bisa mengikuti tips dibawah ini.

Duduk Dalam Posisi yang Tepat

Pastikan anda bisa mengabil posisi tempat untuk duduk sebelumnya. Tempat yang anda ambil harus posisi yang baik dan nyaman menurut anda. Karena jika anda salah mengambil posisi duduk dalam perjalanan akan mengakibatkan anda tidak meraa nyaman dan tidak betah setelah berlama- lama duduk di kursi atau juk mobil bus.

Untuk bisa mendapatkan tempat duduk yang nyaman maka yang anda lukukan adalah memesan tiket kendaraan sebelum hari keberangkatan agar kursi yang anda inginkan dan posisi yang nyaman bisa anda dapatkan dengan mudah.

Jauhi Makanan Sembarangan

Ada baiknya anda memperhatikan asupan makanan dalam perjalanan. Jauhi makan yang berlebihan atau terlalu kenyang sebelum anda berangkat. Isilah asupan secukupnya dengan nasi agar kekebalan tubuh bisa bertahan dan tidak mudah masuk angin ketika diperjalanan.

Jauhi ngemil dalam perjalanan agar keadaan perut merasa normal. Jika anda banyak mengkonsumsi makanan yang berlebihan secara langsung perut akan tidak merasa normal karena adanya guncangan mobil atau kendaraan yang anda tumpangi, proses ini kan mengakibatkan perut anda merasa mual dan pusing sehingga lama- lama anda akan merasa tidak nyaman dalam keadaan seperti itu.

Selain itu, yang mesti anda lakukan ketika berada di dalam kendaraan yaitu memperhatikan Nutrisi makanan yang anda makan dengan menghindari rasa pedas yang berlebihan, terlalu banyak lemak yang semuanya itu bisa memacu mual dan tidal nyaman pada perut. Penting juga asupan air secukupnya
saja, ketika anda kebanyakan minum air dikwatirkan bisa menopang pulang pergi ke toilet untuk mengeluarkan hajat kecil dan ini juga bisa memacu ketidaknyamanan anda dalam perjalanan.

Hindari Membaca dan Bermain Smartphone Berlebihan

Membaca memang menjadi kebiasaan seorang jika berada dalam perjalanan karena menghilangkan rasa bosan dalam perjalanan apalagi tidak ada lawan untuk mengobrol makan rasa bosan dalam perjalanan muncul seketika. Selain membaca buku, aktifitas yang paling banyak dilakukan adalah bermain Handphone, baik itu sekedar chatting ataupun bermain Game untuk menghilangkan rasa bosan.

Kendaraan biasanya bergerak dan melaju tidak mulus dan berbelok- belok serta diikuti dengan guncangan yang tidak biasa kita tebak, maka secara langsung posisi badan kita akan mengikuti arah sesuai dengan posisi kendaraan melaju. Jika keberadaan pandangan mata kita tidak mengikuti
kendaraan yang bergerak seperti badan yang mengikuti lajunya kendaraan, hasil yang anda rasakan selama itu adalah mual dan pusing yang bisa memacu ketidaknyamanan perjalanan anda.

Mestinya yang harus anda lakukan adalah menikmati suasana perjalanan dengan menggunakan pandanagan kearah jendela atau kedepan kaca kendaraan dan melirik- lirik pemandangan disekitar jendela jika anda sedang berada di kereta. Jauhi pandangan mata dengan satu fokus saja seperti membaca dan bermain Smartphone.

Istirahtlah dengan Memejamkan Mata

Ketika anda terasa lelah dan ngantuk, lebih baik tidur. Dengan tidur akan menghindari rasa mual dan pusing karena pandangan mata berada dalam posisi nyaman. Meskipun dalam perjalanan jauh dan adanya goncangan sepanjang perjalanan, maka tidak akan mudah merasakan apa yang dirasa oleh badan kita. Bahkan dengan tidur perjalanan kita akan terasa lebih cepat sampai tujuan dan tubuh kita akan terasa lebih segar kembali.